Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan X Provinsi Sulawesi Tengah

Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan X Provinsi Sulawesi Tengah

PALU ( Sulawesi Tengah ) – Sabtu, 9 Desember 2023 bertempat di Aula Sinergitas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan X Tahun 2023.

Penutupan yang oleh Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Drs. Adidjoyo Dauda, M.Si, jajaran pejabat Administrator dan Pengawas, Widyaiswara Utama dan Madya, dan beberapa mentor peserta serta seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan X Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023.

Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten  dan Kota asal peserta atas kepercayaannya kepada BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah sebagai lembaga pelatihan terakreditasi melaksanakan pelatihan kepemimpinan bagi pejabat pengawas. Dan juga ucapan terima kasih baik kepada penyelenggara, coach dan mentor atas partisipasinya dalam penyelenggaraan pelatihan ini. Insya Allah menjadi bekal bagi peserta dan menjadi amal jariah bagi bapak/ibu sekalian.

Gubernur menambahkan pada zaman milenial sekarang ini membutuhkan kepemimpinan yang agile atau lincah serta responsif beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Harapan dari penyelenggaraan pelatihan ini dapat meningkatkan cara bekerja dengan tidak lagi menunggu arahan pimpinan namun bekerja dengan membedah regulasi dan mengelola teknis kegiatan sesuai dengan karakter kepemimpinan melayani yakni antara lain kesadaran diri, konseptual, empati, membangun komunitas dan sebagainya, Dalam sambutan ini beliau juga menyampaikan sebuah harapan melalui pelatihan, akan melahirkan para pemimpin perubahan yang dapat meningkatkan kualitas birokrasi dan mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di negara kita khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah sehingga dapat bergerak cepat menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional (PKMF) Moh. Fadhly, SH, M.Si dalam laporan panitia mengatakan setelah melewati proses pelatihan dengan metode blended (gabungan online dan offline) selama 104 hari dimulai pada tanggal 22 Agustus s.d 09 Desember 2023 semua peserta yang berasal dari instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah berjumlah 35 orang yang dinyatakan lulus sebanyak 33 orang dan 2 orang ditunda kelulusannya. Untuk kategori dari aspek penilaian rancangan aksi perubahan maka dihasilkan 10 aksi perubahan RB tematik terbaik dari 33 orang yang dinyatakan lulus diraih oleh:

1.         MOHAMAD FAJRI, ST

2.         MOHAMAD ARFAN, S.Kom

3.         RAMDANI BAHMID, S.Sos

4.         MUH.ILHAM AFANDI H UNUS,S.IP.M.AP

5.         EVI HINELO, SKM

6.         ROSYANI, SE

7.         RUDI BUDAYA, S.Pd.M.Pd

8.         MUTMAINNAH, S.P.si

9.         RANI ADELIA, SE.MM

10.       SYARAH SANGINTANG, S.Sos

 

Dan untuk kategori 3 peserta terbaik yang dilakukan penilaian dari 6 (enam) aspek maka :

1. Terbaik pertama diraih oleh MUHAMMAD FAJRI, ST

KEPALA SUB BIDANG AKUNTANSI MANAJEMEN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH. JUDUL AKSI PERUBAHAN “PENGUATAN KOMPETENSI PENGELOLA KEUANGAN PERANGKAT DAERAH BERBASIS DIGITAL”

2. Terbaik kedua diraih oleh MOHAMAD ARFAN, S.KOM

KEPALA SUB KOMUNIKASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH JUDUL AKSI PERUBAHAN : “SULTENG MENYAPA” LAYANAN INFORMASI AGENDA KERJA PIMPINAN DALAM BERITA DI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH.

3. Terbaik ketiga diraih oleh RAMDANI BAHMID, S.SOS

KEPALA SEKSI KESELAMATAN LALU LINTAS PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BANGGAI JUDUL AKSI PERUBAHAN : “KITA WAJIB UJI KENDARAAN (PENINGKATAN PENGELOLAAN PENGUJIAN)”

Kegiatan penutupan ini diakhiri dengan penyampaian kesan pesan dari perwakilan peserta yang diliputi suasana haru meski diselingi dengan canda tawa, penyerahan piagam penghargaan kepada 10 orang peserta yang dinyatakan aksi perubahan RB tematik terbaik serta 3 orang peserta yang dinyatakan terbaik dari semua aspek penilaian, kemudian dilakukan penanggalan tanda peserta serta foto bersama seluruh peserta.