Pembukaan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024

Pembukaan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024

PALU ( Sulawesi Tengah ) – Senin, 19 Februari 2024   Secara virtual Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Pembukaan Orientasi PPPK. Acara yang dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kepala BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Drs. Adidjoyo Dauda, M.Si ini turut dihadiri oleh  Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah (atau yang mewakili), Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Sekolah SMA/SMK se Provinsi Sulawesi Tengah, Jajaran Pejabat Administrator dan Pengawas lingkup BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah, Widyaiswara, Penjamin Mutu dan Seluruh Peserta Orientasi PPPK Guru Angkatan I S/D VI Tahun 2024.

Gubernur Sulawesi Tengah mengawali sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yang sudah lolos sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru dan telah bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Aparatur Sipil Negara. Yang kedua saya juga menyampaikan apresiasi kepada kita sekalian telah berpartisipasi dalam pemilu tahun ini. Dimana dalam pemilu ini kita semua diberikan hak yang sama untuk menentukan masa depan bangsa dan negara kita selama 5 tahun kedepan. Harapan kami sebagai Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mari kita jaga kedamaian dalam pemilu tahun ini, karena ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah namun menjadi tanggung jawab seluruh elemen bangsa, tanpa terkecuali. Sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara RI Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja serta Keputusan Lembaga Admnistrasi Negara Nomor 289 Tahun 2022 Tentang Pedoman Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, maka setiap PPPK wajib menjalani masa orientasi sebagai bentuk pengenalan fungsi dan tugas ASN dan pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah. Saat ini kita bergerak menuju smart ASN yakni ASN yang dituntut mempunyai kemampuan nasionalisme, integritas, wawasan global, hospitality (keramahan), networking, penguasaaan teknologi informasi, bahasa asing dan kewirausahaan sebagai upaya untuk menjadi ASN berkelas dunia (world class). Oleh karena itu, saat ini pengembangan sdm aparatur dilaksanakan berbasis kompetensi, dimana setiap ASN berhak atas kesempatan pengembangan kompetensi termasuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) minimal 24 jam pelajaran selama setahun masa perjanjian kerja. Namun saudara-saudara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru saat ini hanyalah berfokus pada masa orientasi. Dimana orientasi ini merupakan program pengenalan dan penyediaan informasi pada PPPK yang baru diangkat artinya saudara-saudara perlu terlebih dahulu pengenalan terhadap fungsi dan tugas ASN serta pengenalan nilai dan etika pada instansi masing- masing. Kepada para peserta orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru untuk fokus dan serius mengikuti orientasi ini, manfaatkan sebagai kesempatan belajar dan sharing pengalaman dari sesama peserta dan narasumber yang akan memperkaya wawasan saudara-saudara. Jaga selalu kekompakan, bertoleransi, bersama-sama saling membantu serta berempati satu sama lain.

Sementara itu, dalam Laporan Panitia Penyelenggara yang disampaikan oleh Pejabat Fungsional Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda ibu Santi Rimawati, S.IP. mewakili Kepala Bidang PKMF BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan, tujuan orientasi ini untuk memperkenalkan nilai-nilai, tugas, dan fungsi aparatur sipil negara kepada pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja serta sasaran penyelenggaraannya yaitu peserta memiliki kemampuan dalam memahami dan mengimplementasikan fungsi dan tugas ASN serta nilai dan etika pada instansi pemerintah. Pelaksanaan orientasi PPPK ini diikuti sebanyak 6 (enam) angkatan dan masing-masing Angkatan berlangsung total selama 18 hari kerja secara virtual. Peserta orientasi PPPK Guru sebanyak 6 (enam) Angkatan ini seluruhnya berjumlah 237 orang yang berasal dari lingkup pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber Berita : PPIDP BPSDM PROV. SULTENG

 

Bagikan ini

Komentar