BPSDMD SULTENG Gelar Pelatihan Audit Investigasi bagi Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP)

BPSDMD SULTENG Gelar Pelatihan Audit Investigasi bagi Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP)

PALU ( Sulawesi Tengah ) – Selasa, 24 Oktober 2023 Palu, Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekretaris Daerah Dra. Novalina, MM  secara resmi membuka Pelatihan Audit Investigasi Bagi Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Sinergitas BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah.

Turut mendampingi, Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Badan Idham, S.Sos, M.Si, Inspektur Inspektorat Provinsi Sulawesi Tengah Salim, S.Sos.,M.Si dan Narasumber dari BPKP  Zulhadi Saputra.

Melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Gubernur H. Rusdy Mastura menyampaikan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat berharga bagi tata kelola pemerintah yang baik di daerah kita. Audit Investigasi menjadi semakin penting dalam mengidentifikasi potensi permasalahan, mengevaluasi resiko dan memastikan akuntabilitas dalam mengelolah sumber daya publik.

Selain itu kegiatan audit investigasi  ini dirancang  dengan tujuan untuk membekali para peserta pelatihan dengan pemahaman yang komprehensif tentang tugas-tugas keinvestigasian. Maka perlu memiliki kompetensi keilmuan yang sesuai dengan peraturan Perundang-undangan sehingga dalam menjaga investigasi profesionalisme kapasitas kemandirian dan orientasi pengawasan mulai dari perencanaan sampai dengan penerbitan laporan.

Peran fungsional Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) pun diperluas dengan diterbitkannya Peraturan Menpan No. 5 Tahun 2008, Peraturan Menpan RB No.19 Tahun 2009 dan Standar Audit Internal Pemerintah Indonesia Tentang Perluasan Tugas dan Wewenang dari APIP yang bermula sebagai Auditor Internal Pemerintah di perluas menjadi Konsultan Manajemen untuk mengefisienkan penyelenggaraan pemerintah dan aparat pencegah serta pemberantasan korupsi di internal pemerintah. Hal ini juga sejalan dengan amanah UU No. 23 Tahun 2014 dan UU No. 30 Tahun 2014, aparatur pengawas intern pemerintah  (APIP) menjadi pemegang peran dalam penegakan hukum. APIP memiliki kapasitas dan kompetensi sehingga sedapat mungkin terlibat didalam penegakan hukum yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Diakhir sambutannya , Gubernur menaruh harapan pada peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya dapat menjadi garda terdepan dalam mencegah dan mendeteksi terjadinya penyimpangan serta mampu mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan efisien.